Race to Tokyo - 28 April 2020

TUNGGAL PUTRA: 1.Kento Momota, 2.Chou Tien-chen, 3.Anders Antonsen, 4.Anthony Sinisuka Ginting, 5.Chen Long.
TUNGGAL PUTRI: 1.Chen Yu Fei, 2.Tai Tzu-ying, 3.Nozomi Okuhara, 4.Akane Yamaguchi, 5.Carolina Marin.
GANDA PUTRA: 1.Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, 2.Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, 3.Li Jun Hui/Liu Yu Chen, 4.Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, 5.Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.
GANDA PUTRI: 1.Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, 2.Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, 3.Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara, 4.Lee So Hee/Shin Seung Chan, 5.Kim So Yeong/Kong Hee Yong.
GANDA CAMPURAN: 1.Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong, 2.Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping, 3.Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai, 4.Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, 5.Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Wednesday, October 10, 2012

0 Indian Badminton League Mulai Tahun Depan


Badminton Association of India (BAI) mengumumkan bahwa negara tersebut akan menyelenggarakan kompetisi Liga Bulutangkis yang diberi nama Indian Badminton League mulai musim kompetisi 2013. Gagasan ini dirintis di sela-sela penyelenggaraan Kejurnas Bulutangkis negara tersebut (Senior National Championships) di Sher-e-Kashmir Indoor complex. 

Presiden BAI, Akhilesh Das Gupta, menyatakan bahwa BAI telah memberikan kepercayaan kepada Maharashtra untuk menjadi tuan rumah Indian Badminton League tahun depan. Liga ini menurut rencana akan diikuti oleh 6 sampai dengan 8 tim. Adapun lini penguat penyelenggaraan IBL antara lain sponsor yang selama ini menyelenggarakan liga cricket, Indian Premier League (IPL). 

Indian Badminton League sepertinya akan dikembangkan seperti China Badminton Super League (CBSL), di mana pebulutangkis yang tampil di dalamnya bukan sebatas dari India sendiri melainkan skala internasional. Format bayangan Indian Badminton League ialah "home-and-away". 

Akhilesh menambahkan bahwa Maharashtra memang diplot untuk menjadi lokasi sentral, didukung oleh daerah lain seperti Mumbai sebagai "commercial hub". Sedangkan pemasyarakatan liga tersebut melihatkan seluruh insan bulutangkis terbaik India seperti Vimal Kumar dan Pullela Gopi Chand. 


Besar kemungkinan menguatnya animo India terhadap bulutangkis antara lain terinspirasi oleh keberhasilan Saina Nehwal meraih medali perunggu bulutangkis Olimpiade 2012 musim panas lalu di London. 

Jika benar bahwa Indian Badminton League bergulir maka olahraga bulutangkis akan semakin semarak. Pada sisi lain, geliat India ini pasti membuat negara-negara pesaing, termasuk Indonesia, tidak dapat tinggal diam untuk tetap berada pada "trek yang kompetitif".

Congratulations India!

Sumber berita (article source): NDTV Sports - 4 Oktober 2012

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 

BULUTANGKIS Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates